Mangga Mahathir

Mangga Mahathir adalah nama mangga yang diyakini berasal dari Kinabalu Malaysia. Bentuk buahnya memanjang dengan ujung buah berbentuk paruh yang lancip. Satu buah mangga Mahathir bisa mencapai 2.5 s/d 3 kg. Seimbang jumbonya dengan Mangga Empeor yang bisa mencapai 3 kg/buah dan lebih jumbo dibandingkan dengan Mangga Kiojay yang hanya bisa mencapai 2 kg saja.

Daging buah mangga Mahathir menawarkan sensasi rasa manis, bertekstur lembut dan tanpa serat. Memiliki kandungan air yang cukup banyak, menjadikannya sangat menyegarkan biladikonsumsi di siang hari yang panas.

Asal-usul mengapa mangga ini diberi nama Mahathir kurang begitu jelas. Nampaknya mangga ini namanya dinisbahkan kepada Mahathir Muhammad, Perdana Menteri Malaysia.

Mangga Mahathir sudah cukup lama dikenal dan dibudidayakan di Indonesia, dibawa oleh oleh mereka yang sering keluar masuk ke Malaysia, entah karena pekerjaannya maupun mereka yang mencari dan mendapatkan bibit dari para TKI yang bekerja di Malaysia. Saat ini, bibit dan buah mangga Mahathir dapat dengan mudah didapatkan baik offline maupun online.

PRANALA

  • Tempat pembelian bibit dan mangga mahathir di Tokopedia.